-->
J3vn7LjaLVt44mwdSEBHCcM3KfwTfocqV7h5cSq7

Bupati Ciamis Resmikan Jalur Lingkar Selatan Ciamis

Jalur Lingkar Selatan Ciamis resmi dibuka oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) dan mulai dilakukan uji coba pada Rabu (15/7). Uji coba yang dilakukan adalah pengalihan kendaraan angkutan barang dengan tujuan untuk mengurangi kepadatan kendaraan yang hendak melintasi wilayah Kabupaten Ciamis.


"Jalan Lingkar Selatan dibuka untuk kendaraan angkutan barang. Tujuannya untuk mengurangi kepadatan di jalur protokol, perkotaan Ciamis," ujar Bupati Ciamis Herdiat Sunarya.

Setiap mobil angkutan barang dari arah Jawa Tengah di simpang Bojongmengger akan dialihkan melalui jalur Lingkar Selatan sepanjang 17 kilometer sampai keluar simpang Imbanagara. Kecuali kendaraan barang yang hendak menuju Cirebon masih diperbolehkan melintasi perkotaan.

Begitu pula dari arah sebaliknya, kendaraan barang dari Jakarta dan Bandung yang masuk ke Ciamis akan  dialihkan melalui jalur Lingkar Selatan keluar di wilayah Bojongmengger.

Herdiat mengatakan, jalur ini baru dimanfaatkan pertama kali sejak dimulai projek pembangunan pada tahun 1990 an. Sebelumnya jalur ini hanya sebagai jalur alternatif menuju wilayah Kota Banjar.

Selama tahap uji coba belum ada sanksi, namun pihak Pemkab bekerjasama dengan Dinas Perhubugan akan melakukan pemantauan dan pengawasan pada titik tertentu.. Hasil evaluasi akan ditindaklanjuti dan dilakukan penambahan kelengkapan jalan. Jika dirasa sudah optimal baru akan ada sanksi bagi siapa saja yang melanggar.

Related Posts

Related Posts

Post a Comment